10 Februari 2014

Tips yang Efektif untuk Berhenti Merokok

Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan dalam berhenti merokok:




1. Cari alasan untuk berhenti merokok
Beberapa perokok mungkin sudah menjadi batuk-batuk, sakit, divonis kanker, dan sebagainya. Sakit merupakan alasan yang terkuat untuk seseorang memulai berhenti merokok. Selain sakit, carilah alasan lain mengapa kita ingin sekali berhenti merokok, misalnya saja uang habis, tidak ada tabungan, atau ingin sekali masuk kepolisian, militer, dsb. Cari alasan terkuat yang bisa digunakan untuk berhenti merokok.

2. Ambil komitmen untuk berhenti merokok
Setelah kita berhasil menemukan alasan yang kuat untuk berhenti merokok, milikilah komitmen utnuk berhenti merokok. Komitmen sangat diperlukan untuk berhenti merokok. Karena jika kita tidak mempunyai komitmen, kita akan mudah tergoda oleh rokok. Komitment untuk berhenti merokok sangat erat hubungannya dengan integritas. Sikap integritas harus dimiliki untuk memperkuat komitmen tersebut dalam menolak untuk mencoba merokok kembali.

3. Ambil Kesibukan Sendiri
Beberapa perokok akan merokok karena memiliki waktu senggang. Untuk menghindari merokok, cobalah untuk mengambil waktu senggang, misalnya berkumpul bersama teman-teman yang bukan perokok, olahraga bersama, berkumpul bersama keluarga, jalan-jalan ke mall, dan sebagainya. Kesibukan bisa dilakukan di wilayah yang dilarang merokok seperti mall atau tempat berAC lainnya.

4. Carilah Teman yang tidak merokok
Faktor lingkungan sangat mempengaruhi kebiasaan orang untuk merokok. Carilah lingkungan atau teman yang tidak merokok. Sebab keinginan anda untuk merokok akan sangat kuat jika berada di lingkungan perokok.

5. Carilah pengganti rokok
Kadang seorang perokok merindukan sesuatu yang biasanya mereka hisap di mulutnya. Untuk menggantikan rokok, cobalah untuk memakan permen, lolipop, permen karet, dsb.

6. Ajak teman untuk mengingatkan anda
Carilah teman terdekat anda yang bisa mengingatkan anda untuk berhenti merokok. Mintalah teman anda untuk menegur anda ketika anda ingin sekali merokok.

7. Banyak minum air putih dan rajin berolahraga
Untuk membuang semua racun dari rokok yang sudah ada di tubuh anda, banyak-banyaklah untuk minum air putih dan rajinlah berolahraga secara teratur, Cara tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan racun dari rokok yang sudah ada di tubuh anda.




Setelah melakukan usaha untuk berhenti merokok, anda akan menerima manfaat dari berhenti merokok dan tubuh anda akan berangsur-angsur sehat dan segar. Ayo berhenti merokok!!!

Sponsor

Posting Komentar

 
BERITA SEHAT © 2015 - Designed by Templateism.com